Unsur-unsur Kebudayaan

Kebudayaan indonesiaUntuk lebih mendalami kebudayaan, perlu dikenal beberapa masalah lain yang menyangkut kebudayaan. misalnya apa yang disebut dengan unsur ?, yang dimaksud dengan unsur adalah apa saja sesungguhnya kebudayaan itu. sehingga disini lebih mengandung makna totalitas dari pada sekedar penjumlahan unsur-unsur yang terdapat didalamanya.

Kebudayaan setiap bangsa atau masyarakat terdiri dari unsur-unsur pokok kebusayaan misalnyaMelville J. Herkovits mengajukan pendapatnya tentang unsur kebudayaan. Dikatakannya bahwa hanya ada 4 unsur dalam kebudayaan, yaitu alat-alat teknologi, sistem ekonomi, keluarga dan kekuatan politik. Sedangkan Brainslaw Malinowski mengatakan bahwa unsur-unsur itu terdiri dari sistem noram, organisasi ekonomi, alat-alat atau lembaga ataupun petugas pendidikan. dan organisasi kekuatan.

C.Kluckhon di dalam karyamya mengemukakan bahwa ada 7 unsur kebudayaan universal yaitu :

  1. sistem religi (kepercayaan)
  2. sistem orgaisasi kemasyarakatan
  3. sistem pengetahuan
  4. sistem mata pencaharian hidup dan sistem-sistem ekonomi
  5. sistem teknologi dan peralatan
  6. bahasa
  7. kesenian

kultur univrsal tersbut dapat dijabarkan lagi kedalam unsur yang lebih kecil. Disebut kegiatan-kegiatan kebudayaan atau cultural activity.

Masalah lain yang juga penting kebudayaan adalah wujudnya pendapat umum mengartakan bahwa kebudayaan dapat dibedakan dalam 2 bentuk wujudnya pertama kebudayaan bendaniah( material) dengan ciri dapat dirasa saja. Kebudayaan rohaniah (spiritual) dengan ciri dapat dirasa.

Leave a comment