Multimedia

Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi, audio dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat melakukan navigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Multimedia sering digunakan dalam dunia informatika. Selain dari dunia informatika, multimedia juga diadopsi oleh dunia game, dan juga untuk membuat website.

Multimedia dimanfaatkan juga dalam dunia pendidikan dan bisnis. Di dunia pendidikan, multimedia digunakan sebagai media pengajaran, baik dalam kelas maupun secara sendiri-sendiri atau otodidak. Di dunia bisnis, multimedia digunakan sebagai media profil perusahaan, profil produk, bahkan sebagai media kios informasi dan pelatihan dalam sistem e-learning. Pada awalnya multimedia hanya mencakup media yang menjadi konsumsi indra penglihatan (gambar diam, teks, gambar gerak video, dan gambar gerak rekaan/animasi), dan konsumsi indra pendengaran (suara) dan juga berupa ( berwujud). Dalam perkembangannya multimedia mencakup juga kinetik (gerak) dan bau yang merupakan konsumsi indra penciuman. Multimedia mulai memasukkan unsur kinetik sejak diaplikasikan pada pertunjukan film 3 dimensi yang digabungkan dengan gerakan pada kursi tempat duduk penonton. Kinetik, dan film 3 dimensi membangkitkan sense realistis.

Namun perkembangan yang kita alami untuk saat ini dan mungkin juga dimasa mendatang, selalu dihadapkan pada perubahan dengan rotasi yang sangat cepat. Perkembangan Teknologi informasi dan komunikasi telah menyebabkan perubahan pada segala lini kehidupan. Lebih-lebih di sektor Pendidikan (pembelajaran). Pengaruh teknologi ini telah menyasar pada perubahan insfrastruktur (jaringan) yang melahirkan pembelajaran berbasis jaringan. Kemajuan piranti keras dan lunak telah juga melahirkan pengaruh yang siginifikan pada perubahan conten dan program mapping sehingga saat ini kerap kita dengar dengan isitlah e-learning, online learning, long Distance learning, teleclassroom, Computer Aided Instruction, Computer Mediated Instruction, Computer Base Training, CMS, LMS sampai pembelajaran berbasis web.

Multimedia sendiri itu merupakan suatu istilah yang didalamnya terdapat beberapa unsur yaitu unsur perangkat dan juga suatu sistem operasi. Perangkat disini bisa disebut juga dengan nama hardware dan sistem operasi disini bisa juga disebut software. Berikut penjelasannya

Perangkat Hardware : Perangkat keras adalah semua bagian fisik peralatan elektronik, dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan dibedakan dengan perangkat lunak (software) yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya. Contoh dari perangkat keras pada multimedia yaitu:

  • Kamera digital

 

 

Sebuah perangkat keras yang bekerja dengan cara membuat suatu gambar yang bertujuan untuk memberikan suatu informasi berupa gambar oleh media massa kamera merupakan barang yang wajib digunakan untuk mengabadikan suatu moment

  • Kamera TV

 

Perangkat ini cara kerjanya kurang lebih sama seperti kamera diatas hanya saja yang membedakan alat ini penggunaannya lebih bagus untuk proses pengambilan video. Biasanya yang menggunakan perangkat ini merupakan suatu organisasi multimedia atau disebut juga para wartawan

  • Proyektor

Proyektor merupakan salah satu alat yang digunakan untuk menampilkan video, gambar, atau data dari computer pada sebuah layar atau sesuatu permukaan yang datarseperti papan tulis, tembok, dll.

  •   Headset/Earphone

Alat ini merupakan gabungan antara headphone dan mikrofon dan digunakan untuk mendengarkan suara dan berbicara dengan perangkat atau komputer, misalnya untuk VoIP.

  • Flash drive USB

Pengertian dan Fungsi Flash Disk – Flashdisk yang biasanya sering disebut dengan USB Drive, Pen Drive, Pocket Drive, atau microdisk merupakan sebuah perangkat keras dengan bentuk yang berbeda-beda. Biasanya Flash Disk digunakan untuk alat penyimpanan data (suara, gambar, video) atau juga untuk menginstal sistem operasi.

 

  • SMARTPHONE

Smartphone merupakan sebuah perangkat yang memiliki beberapa fungsi yang menjadi suatu kesatuan perangkat tersebut bisa memiliki kemampuan mengambil gambar, video, browsing internet, chattigan dll. Perangkat ini sedang menjadi tren di era ini.

 

Itulah beberapa perangkat keras yang sering digunakan untuk multimedia dan perangkat tersebut masih dari sebagian kecil dan masih ada banyak lagi alat-alat lainnya

 

Perangkat lunak (software) adalah istilah khusus untuk data yang diformat, dan disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca, dan ditulis oleh komputer. Dengan kata lain, bagian sistem komputer yang tidak berwujud. Istilah ini menonjolkan perbedaan dengan perangkat keras komputer.

Pembuatan perangkat lunak itu sendiri memerlukan “bahasa pemrograman” yang ditulis oleh programmer untuk selanjutnya di kompilasi dengan aplikasi kompiler sehingga menjadi kode yang bisa dikenali oleh mesin hardware.

Di bawah ini ada beberapa contoh macam perangkat lunak, yaitu:

  • Sistem operasi Android, IOS, Windows dll merupakan software yang dibuat untuk mempermudah dalam menyelesaikan operasi tertentu, software ini sudah sangat banyak penggunanya di dunia.

Perangkat lunak aplikasi (application software) seperti pengolah kata, lembar tabel hitung, pemutar media, dan paket aplikasi perkantoran seperti OpenOffice.org.

  • Sistem operasi (operating system) misalnya Linux.

Perkakas pengembangan perangkat lunak (software development tool) seperti Kompilator untuk bahasa pemrograman tingkat tinggi seperti Pascal dan bahasa pemrograman tingkat rendah yaitu bahasa rakitan.

Pengendali perangkat keras (device driver) yaitu penghubung antara perangkat perangkat keras pembantu, dan komputer adalah software yang banyak dipakai di swalayan, dan juga sekolah, yaitu penggunaan barcode scanner pada aplikasi database lainnya.

Perangkat lunak menetap (firmware) seperti yang dipasang dalam jam tangan digital, dan pengendali jarak jauh.

Perangkat lunak bebas (free ‘libre’ software) dan Perangkat lunak sumber terbuka (open source software)

Perangkat lunak gratis (freeware)

Perangkat lunak uji coba (shareware / trialware)

Perangkat lunak perusak (malware)

  • MICROSOFT OFFICE TOOLS adalah salah satu aplikasi buatan micrsoft yang digunakan untuk bertujuan membuat sebuah data berupa tabel, grafik, angka, makalah, atau juga membuat sebuah presentasi

Itulah beberapa contoh dari software yang telah digunakan dalam multimedia yang tersebar di belahan bumi.

 

sumber :

https://www.google.com/

https://id.wikipedia.org/wiki/Multimedia

https://id.wikipedia.org/wiki/Perangkat_keras

https://id.wikipedia.org/wiki/Perangkat_lunak

 

 

Leave a comment