Kepribadian Bangsa Timur

aaKEPRIBADIAN BANGSA TIMUR

Ffrancis L.K hsu, sarjana Amerika keturunan Cina yang menkombinasikan dalam dirinya di dalam ilmu antropologi, ilmu psikologi, ilmu filsafat, dan kesusastraaan cina klasik.

Ilmu Psikologi yang memang berasal dan timbul dalam masyarakat Barat, dimana konsep individu itu mengambil tempat yang amat penting, biasanya menganalisis jiwa manusia dengan terlampau banyak menekan kepada pembatasan kosep sebagai kesatuan analisis tersendiri.

Untuk menghindari pendekatan terhadap jiwa manusia itu, hanya subyek yang terkandung dalam batas individu yang terisolasi, maka Hsu telah mengembangkan suatu konsepsi, bahwa dalam jiwa manusia sebagai makhluk sosial budaya itu mengandung 8 daerah yang seolah olah seperti lingkaran lingkaran konsentris sekitar diri pribadi.

Nomor 7 dan 6 di sebut daerah tak sadar sub sadar. Kedua lingkaran itu berada di daerah pedalaman dari alam jiwa individu dan terdiri dari bahan pikiran dan gagasan tadi sering tidak utuh lagioleh individu yang bersangkutan. Bahan pemikiran dan gagasan tadi sering tifak utuh lagi. Beberapa bagian telah terlupakan  dan unsur-unsurnya ibarat isi impian sudah tidak tersusun lagi. Daerah pedalaman dan jiwa manusia sudah banyak diteliti dan di analisis oleh para ahli psikoanalisis seperti sigmund freud dan para pengikutnya,

Nomor 5 disebut kesadaran yang tak dinyatakan. lingkaran itu sendiri dari pikiran-pikiran dan gagasan-gagasan yang disadari oleh si individu yang bersangkutan. Hal itu disebabkan ada kemungkinan, bahwa :

  • ia takut salah dan takut dimarahi orang apabila ia menyatakan, atau karen aia punya maksud jahat.
  • ia sungkan menyatakan  atau karena belum yakin
  • ia malu karena takut di tertawakan, atau karena ada perasaan bersalah
  • ia tidak bisa menemukan kata-kata atau perumusan yang cocok untuk menyatakan gagasan yang bersangkutan tadi kepada sesamanya.

Nomor 4 disebut kesadaran yang dinyatakan. lingkaran ini di dalam alam jiwa manusia mengandung pikiran-pikiran, gagasan-gagasan, dan perasaan-perasaan yang dapat dinyatakan secara terbuka oleh individu sesamanya, yang dengan mudah diterima dan dijawab oleh sesamanya.

Nomor 3 disebutkan lingkaran hubungan karib, mengandung konsepsi tentang orang-orang, binatang-binatang, atau benda-benda yang oleh si individu diajak bergaul secara mesra dan karib.

Nomor  2 disebut lingkungan hubungan berguna, tidak lagi ditandai oleh sikap sayang dan mesra, melainkan ditentukan oleh fungsi kegunaan dari orang,binatang atau benda-benda itu bagi dirinya.

Nomor 1 adalah disebut lingkaran hubungan jauh, terdiri dari pikiran dan sikap dala, alam manusia tentang manusia, benda, alat, pengetahuan dan adat yan gada dalam kebudayaan dan masyarakat sendiri, tetapi yang jarang sekali mempunyai arti dan pengaruh langsung terhadap kehidupan sehari-hari.

Leave a comment